PLBJ Bab III Kelas 5 Gambang Kromong

Kelas 5

Bab III Pertunjukan Gambang Kromong

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak materi dan video, peserta didik diharapkan dapat mengenal kesenian gambang kromong dan menjelaskan perkembangan kesenian gambang kromong dengan percaya diri.

Assalamu alaikum, salam sejahtera anak-anak hebat. Apa kabar? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat belajar. Kali ini kita akan belajar tentang kesenian gambang kromong.

Foto: Lembaga Kebudayaan Betawi

Nama musik gambang kromong diambil dari nama alat musik yaitu gambang dan kromong. Gambang dan  kromong adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul. Umumnya gambang kromong menjadi pengiring pertunjukan Lenong dan Tari Cokek. Sebenarnya gambang kromong dapat tampil secara mandiri. Artinya tampil membawakan lagu-lagu instrumental dan vokal.

Apa dan bagaimana cara memainkan alat musik gambang kromong? Yuk kita saksikan tayangan berikut ini!

Sumber: https://youtu.be/yqREHzrltI8

Musik gambang kromong pada awalnya hanya dimainkan oleh orang Tionghoa peranakan. Seiring perkembangan zaman, kesenian gambang kromong diserap oleh masyarakat Betawi menjadi musik khas masyarakat Betawi.

Kesenian gambang kromong adalah sejenis orkes yang memadukan gamelan dengan alat-alat musik Tionghoa, seperti sukong, tehyan, dan kongahyan.  Awal mula terbentuknya orkes gambang kromong tidak lepas dari seorang pemimpin komunitas Tionghoa yang diangkat Belanda (kapitan Cina) bernama Nie Hoe Kong.

Bilahan gambang yang berjumlah 18 buah, biasa terbuat dari kayu suangkinghuru batu, manggarawan, atau kayu jenis lain yang empuk bunyinya bila dipukul. Sedangkan kromong biasanya dibuat dari perunggu atau besi, berjumlah 10 buah (sepuluh pencon).

Pertunjukan gambang kromong didukung alat musik gambang, kromong, gong, gendang, suling, kecrek, dan sukong, tehyan, atau kongahyan sebagai pembawa melodi. Pertunjukan gambang kromong biasa ditampilkan pada acara pernikahan, pesta rakyat, dan ulang tahun DKI Jakarta. Pada setiap pertunjukan biasanya ditampilkan 8 – 12 pemain, ditambah dengan penyanyi, penari dan tidak jarang juga ditampilkan pemain lenong.

Orkes gambang kromong merupakan perpaduan yang serasi antara unsur-unsur pribumi dengan unsur Tionghoa. Secara fisik unsur Tionghoa tampak pada alat-alat musik gesek yaitu sukong, tehyan, dan kongahyan. Kesenian gambang kromong merupakan contoh persatuan antara kebudayaan Indonesia dan Tionghoa.

Nilai-nilai luhur yang terdapat pada kesenian gambang kromong adalah:

  • Perpaduan Budaya, masyarakat Betawi mau menerima kebudayaan asing Tionghoa yang dipadukan dengan kebudayaan Betawi sehingga menghasilkan kesenian baru yang harmonis.
  • Kerja sama, kerja sama para pemain sangat penting dalam pertunjukan gambang kromong sehingga dapat menghasilkan nada dan suara yang harmonis.
  • Kekeluargaan, musik gambang kromong yang dihasilkan dari dua budaya berbeda, tak menghalangi kedua budaya yang berbeda ini untuk menjalin kekeluargaan yang harmonis.

Perpaduan kedua unsur kebudayaan tersebut tampak pula pada perbendaharaan lagu-lagunya. Seperti lagu Onde-ondeGelatik NgungukLenggang KangkungSirih Kuning dan sebagainya, terdapat pula lagu-lagu yang jelas bercorak Tionghoa,  seperti Kong Ji LiokSip Pat MoPoa Si Li TanPeh Pan TauCit No ShaMa Cun TayCu Te PanCay Cu TengCay Cu SiuLo Fuk Cen, dan sebagainya.

Lagu-lagu yang dibawakan pada musik gambang kromong adalah lagu-lagu yang isinya bersifat humor, penuh gembira, dan dibawakan secara bersahut-sahutan. Pembawaan lagunya dinyanyikan secara bergilir antara laki-laki dan perempuan sebagai lawannya.

Gambang kromong telah menjadi musik tradisional Betawi. Kesenian gambang kromong pernah jaya sekitar tahun 1970-an. Banyak bermunculan grup-grup kesenian gambang kromong seperti, Putra Jaya, Mustika Irama, Setia Kawan, dan Harapan Jaya.

Dewasa ini juga terdapat istilah “gambang kromong kombinasi”. Gambang kromong kombinasi adalah orkes gambang kromong yang alat-alatnya ditambah atau dikombinasikan dengan alat-alat musik Barat modern seperti gitar melodis, bas, gitar, organ, saksofon, drum dan sebagainya.

Nah, Anak-anak hebat, setelah menyimak video dan materi tentang pertunjukan gambang kromong tentu kalian sudah lebih paham dan dapat meneladani nilai-nilai luhur yang terdapat pada pertunjukan gambang kromong.

Selanjutnya, sebagai evaluasi:

  1. Kerjakan latihan soal yang ada pada link berikut ini:  https://s.id/SoalPLBJbab3kelas5
  2. Lakukan tanya jawab dengan ayah/bunda atau pendamping belajarmu di rumah tentang pertunjukan gambang kromong yang pernah ditonton, baik di sebuah pertunjukan atau nonton di youtube. (Contoh pertunjukan: https://youtu.be/yIgtZRo7wLY) Lalu rekam tanya jawab tersebut berbentuk voice note atau  video,  kemudian kirim ke bapak/ibu guru ya.

Selamat mengerjakan!

Anak-anak hebat, kegiatan belajar hari ini telah selesai. Sampai jumpa pada bab selanjutnya, yaitu tentang: Bir Pletok Minuman Khas Betawi.

 

Sumber:

id.wikipedia.com dengan perubahan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*